Cara memilih media yang efektif

CARA MEMILIH MEDIA YANG EFEKTIVE
UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA
Oleh:
MOHAMMAD ZAI


Media merupakan salah satu instrumen penting dalam proses belajar mengajar. sebelum pembicaraan ini sampai pada penggunaan media oleh guru dalam proses interaksi belajar ada baiknya dipahami apa yang dimaksud media itu sebenarnya.Drs.Syaiful bahri djamarah (1994:93) mengatakan ''media"berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata"medium" yang secara harfiyeh berarti perantara atau pengantar.Dengan demikian,"media" merupakan wahana penyalur pesan atau informasi belajar.kegunaan media adalah untuk mengurangi verbalisme agar anak didik mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan.penggunaan media tidak tepat membawa akibat pada pencapaian tujuan pengajaran kurang efektif dan efesien.Drs.Roestiyeh N. K. (1994:46) mengatakan dalam dunia modern guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi didalam pengajaran.maka ia memilih media yang tepat, yang dapat membantu menjelaskan materi pelajaran yang akan diberikan.bahkan mungkin dengan media dapat menyusun materi dan proses pengajaran menjadi program-program yang lebih menarik dan berhasil.
Banyak media yang bisa dipergunakan untuk menunjang kegiatan intraksi belajar mengajar. Untuk itu media dalam pendidikan dapat di golongkan menjadi tujuh katagori. (1994:93).
1. Real thing adalah manusia (pengejar), benda yang sesungguhnya (Bukan gamabar atau model ). Dan peristiwa yang sebenarnya terjadi .
2. Verbal representation adalah media tulis atau cetak. Misalnya, Buku teks, referensi, dan bahan bacaan lainnya.
3. Graphic representation adalah Chart (kartu), diagram, ganbar atau lukisan.
4. Still picture seperti foto, slide, film strip, overhead projector transparence. Still picture kadang-kadang hitam putih, kadang-kadang berwarna.
5. Audio (Recording) seperti pita kaset, reel tape, piringan hitam, sound track pada film ataupun pita pada video tape.
6. program adalah kumpulan informasi yang berurutan, program bisa bernetuk verbal (buku teks ), visual maupun video.
7. Simulation mi dia ini kita kenal dengan istilah silmolations and game yaitu suatu permainan yang mennirukan kejadian yang sebenarnya
Media yang beraneka ragam itu dapat dimamfatkan sebaok-baiknya dalam pengajaran dengan mempertimbangkan berbagai fakto-fakto yang harus di pertimbangkan dalam memilih media. Drs. H. Mahmud ali (2008:92) menyebutkan ada lima komponen media yang harus dipetimbangkan, ialah;
1. Jenis kemampuan yang akan di capai sesuai dengan tujuan, sebagai mana diketahui,bahwa tujuan pengajaran itu menjankau daerah kognitif, afektif dan psiko motor. Bila akan memilih media pengajaran, harus disesuaikan dengan tujuan yang akan di capai.
2. Kegunaan dari berbagai jenis media itu sendiri. Setiap jenis media mempunyai nilai kegunaan sendiri-sendiri. Hal ini harus di jadikan bahan pertimbangan dalam memilih jenis media yang digunakan
3. Kemampuan guru menggunakan jenis media. Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan memberi mamfaat sedikitpun di tangan orang yang tidak mampu menggunakan.
4. Fleksibilitas (lentur), tahan lama dan kenyamanan media.Dalam memilih media harus dipertimbangkan kelenturan,dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi;juga harus tahan lama (tidak sekali pakai langsung dibuang),untuk meng hemat biaya,dan digunakannya pun tidak berbahaya.
5. Keefektifan suatu media dibandingkan dengan jenis media lain untuk digunakan dalam pengajaran suatu bahan pelajaran tertentu.
Gagne dan Briggs (1979:195) menyarankan suatu cara dalam langkah-langkah memilih media untuk pengajaran.Langkah dalam memilih media menurut keduanya adalah:
1.Merumuskan tujuan pengajaran .
2.Mengklasifikasi tujuan berdasarkan domein atau tipe belajar.
3.Memilih peristiwa-peristiwa pengajaran yang akan berlangsung.
4.Menentukan tipe perangsang untuk tiap peristiwa.
5.Mendaftar media yang dapat digunakan pada setip peristiwa dalam pengajaran.
6.Mempertimbangkan (berdasarkan nilai kegunaan) media yang dipakai
7.Menentukan media yang terpilih akan digunakan.
8.Menulis rasional (penalaran) memilih media tersebut.
9.menulis tatacara pemakaiannya pada setiap event(peristiwa).
10.Menulis script(naskah) pembicaraan dalam penggunaan media.























Daftar Pustaka


Roestiyah, N.K,Dra, 1994 . Masalah Pengajaran Sebagai suatu sistem, Jakarta:PT.Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah,Drs,1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru ,
Surabaya:Usaha offset printing.
Ali, Muhammad, H,Drs,2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar,
Bandung:Sinar Baru Algensindo.























ARTIKEL
CARA MEMILIH MEDIA YANG EFEKTIVE
UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA











Oleh :
MOHAMMAD ZAI
Guru MTs. Az-Zubair


Penerbit:
a. Buletin Al-Fiqroh PP. Nasyrul Ulum Bagandan Tahun 2007
b. Majalah Al-umroh Pon-Pes Sumber Anyar Larangan Tokol
Tahun 2009
c. Internet 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Uts bahasa VII

Soal B. daerah

SAMBUTAN KETUA YAYASAN ADIRASA JUMIANG PADA ACARA WISUDA RA.ADIRASA & MD. MUBALLIGHIN II