Soal Aswaja IX
A.
Pilihlah
Jawaban Yang Paling benar di bawah ini
1.
Tiga masalah
yang menjadi bibit permasalahan wafatnya rasulallah, diantaranya adalah :
a.
Perselisihan
para sohabat mengenai wafat tidaknya rasulallah c.
Dimana rasulallah harus dimakamkan
b.
siapa yang
layak menjadi pengganti rasulallah d. siapa yang layak mewarisi
tahta rasulullah
2.
Dalam pandangan
sahabat muhajirin, salah satu dari kaumnya adalah yang paling berhak menjadi
khalifah kare na…….
a.
Shohabat
muhajirin merupakan keturunan arab ya ng paling maju c. bangsa arab tidak akan beragama islam
b.
Kaum muhajirin
terdiri dari kaum quraizi d. nabi telah mewariskan bahwa pengganti
beliau harus aru kaum muhajirin
3.
Diantara
pernyataan-pernyataan berikut yang bukan termasuk sebat timbulnya firqah dalam
islam adalah …
a. fanatisme
kesukusn arab b. penerjemahan
buku filsafat c. banyaknya yang membaca al-qur’an d. perebutan
jabatan khalifah
4.
Salah satu
sebab munculnya firqah-firqah dalam
islam adalah karena perbedaan pendapat para ulama tentang ayat-ayat yang
maknanya belum jelas yang dinamakan……………
a.
Ayat muhkamat b. ayat mulhimat c. ayat muhlikat d. ayat mutasyabihat
5.
Golongan yang
semula menjadi pendukung Ali dalam perang menghadapi muawiyah, tetapi kemudian
keluar dari barisan Ali adalah…
a.
Golongan
khawarij b. golongan
baha’i c.
golongan qadiyah d. golongan
ahmadiyah
6.
secara fisik,
sudah tidak ada pengikut golongan khawarij masih sering tampak dalam bentuk …..
a.
pemikiran b.
jamaah c. jam’iyah d.
perkumpulan
7.
golongan yang
suka mengumandangkan semboyan dinakan ……………….
a.
Golongan al
mahkumah b. golongan al mahkamah c. golongan al muhakkimah d.
golongan al mihkamah
8.
Kata syi’ah
secara harfiyah dapat diartikan, sebagai berikut, kecuali….
a.
Kelompok b. pemikiran c. pengikut d. pendukung
9.
ajaran-ajaran
syiah yang yang bertentangan dengan ajaran ASWAJA antara lain sebagai berikut,
kecuali
a.
nabi telah
berwasiat bawha yang menggantikan beliau adalah Ali bin abi thalib c. iman masih mendapat wahyu dari Allah
b.
menghalalkan
nikah mut’ah d. Ali adalah shahabat nabi yang memiliki
kepandaian tinggi
10.
golongan syi’ah
yang keterlaluan dalam berpendapat, dan menganggap Ali memiliki nsifat
ketuhanan yaitu golongan….
a.
Syiah imamiyah b.
syiah ghulak c.
syiah zaidiyah d. syiah itsa atsa riyah
11.
Golongan
mu’tazilah dinamakan pula golongan mu’attilah karena ……..
a.
Mengakui adanya
Nabi wafatnya nabi Muhammad c. menolak adanya sifat bagi
allah s.w.t
b.
menolak dengan
keras segala bentuk tawassul dalam berdo’a d. mengakui kesucian para
pemimpinmereka.
12.
Bagi kaum
mu’tazilah, bila ada beriman yang berbuat dosa besar dan belum bertaubat sampai
mati, maka orang tersebut ditempatkan di
a.
Al manzilah
bainal manzilatayn b. al lu’lu’ wal marjan c.
marajal bainal bahrayn d. al jabalu
bainal jabalayn
13.
Cirri khas yang
menonjol dari orang mu’tazilah adalah……..
a.
Kurang
berinisiatif dalam hidup c.
sangat mendewakan kemampuan akal
b.
pasrah kepada
nasib yang menimpanya d.
menjungjung tinggi Ali dan keturunannya
14.
Pendapat
golongan wahabi yang tidak bias diterima oleh warga NU antara lain sebagai
berikut………..
a.
Meminta kepada
waliyang telah dikubur adalah adalah perbuatan syirik c.
Berdo’a dengan tawassul adalah bid ah
b.
Mengadakan
perkumpulan dzikir harus di larang d.
Berziyarah kekuburan adalah bid ah
15.
Golongan
ahlussunnah waljamaah dalam memposisikandalil aqli terhadap dalil naqli adalah
sebab…
a.
Dalil aqli
adalah penentu sah tidaknya sebuah dalil naqli c. dalil naqli dapat turun darajadnya bila
ditolak oleh dalil aqli
b.
dalil aqli
dipergunakan sebagai perbuatan untuk memahami dalil naqli
d. dalil naqli adalah pelengkap dalil aqli
16.
Pada dasarnya
manusia tidak memiliki kemampuan apapun dalam perbuatannya, karena semuanya
sudah di tetapkan Allah, pendapat demikian berasal dari golongan……..
a.
Jabariyah b.
qadariyah c.
mu’tazilah d.
syi’ah
B.
Isilah titik di bawah ini dengan jawaban yang
tepat …!
1.
Nama wahabiyah
di kaitkan dengan nama pendirinya yaitu….
2.
Mu’tazilah
berasal dari kata I’tazilah yang artinya…………….
3.
Para ulama’
dalam menggali hokum syar’I menggunakan metode yang berbeda, sesuai dengan …………………..dan…………………………..sendiri
4.
Yang dimaksud
mutsyabihat adalah………..
5.
Agama islam
yang di bawa Rasulullah merupakan satu kesatuan yang utuh dari tiga unsure
yaitu…………
A.
Pilihlah Jawaban Yang Paling benar di
bawah ini
1.
“pesantern”
artinya:
a.
Kumpulan para
santri b. pertemuan para
santri c. kegiatan kesantrian d. tempat tinngal
santr
2.
Menurut ilmu pendidikan,
pondok pesantren lebih menekankan pentingnya…………..sebagai pedoman perilaku
sehari-hari
a. pengajaran ilmu-ilmu keislaman c. pelatihan
ilmu kenuragan
b. pelatihan ilmu kenuragan dzikir dan wirid d. pembinaan moral keagamaan
3.
Berikut ini yang
tidak termasuk elemen dasar pondok pesantren adalah
a. kiyai b. santri c.
gedung sekolah d. kitap salaf
4.
Kiyai di pondok
pesantren berfungsi sebagai berikut….
a.
Penentu arah
pondok pesantren c. salah seorang pengajar
para santri
b.
penyandang tunggal
dana pendidikan d. penentu corak pondok pesantren.
5.
Berikut ini
yang tidak termasuk yang diajarkan dipondok pesantren adalah.
a.
Karomah b.
Aqidah c. Fiqih d, Tashauf
6.
Berikut ini termasuk
“ Panca jiwa pondok pesantren “ kecuali
a.
Keikhlasan b.
Kesederhanaan c. Keteladanan d. Kemandirian
7.
Pondok
pesantren sudah dikenal di Indonesia sejak
a.
Abad 13 M b.
abad 15 M
c. Berdirinya ponpes keratin d. berdirinya ponpes Ampildenda
8.
Dalam
melaksanakan dakwah Islam Maulana Malik Ibrahim menggunakan sebagai pusat
pembelajaran
a.
Masjid
b. Pondok pesantren c.Masjid
dan pondok pesantren d.
Masjid pondok pesantren di Madrasah
9.
Setelah tamat
belajar para santri ampel pulang ke daerah
masing-masing dan mendirikan pondok pesantren yang baru dengan sekaligus
menjadi kiyai sentralnya seperti disebutkan dibawa ini, cecuali
a.
Sunan giri b.
sunan gunung jati c. sunan bonang d.
drajad.
10.
Dalam
perkembangan berikutnya, ponpes didirikan oleh para kiyai yang bercita….
a.
Mencari
pengakuan masyarakat atas kekiyaianya c. meramaikan desa yang baru mereka tempati
b.
meraih sejahteraan
hidup bagi keluarganya d. menyebarkan dan
mengajarkan agama islam.
11.
Dalam perkembangan
sejarah perkembangan, pondok pesantren merupakan benteng pertahanan dari……..
a.
Kelestarian karisma
dan karir para kiyai c. kesejahteraan
keluarga kiyai
b.
keberlangsungan
dakwah islam di Indonesia d.
perkembangan desa yang di tempati seorang kiyai.
12.
Pertumbuhan dan
perkembangan pondok pesantren sangat beruntung kepada…..
a.
Jumlah para
santri yang bermukim c.
kepribadian kiyai sentralnya
b.
perkembangan
desa yang ditempati d. animo masyarakat sekitar dan masyarakat luas
13.
pernyataan yang
salah tentang pola kepemimpinan di pon pes adalah
a.
tergantung
kepada karisma kiyai c.
telah diatur menurut undang-undang yang berlaku
b.
hingga kini
masih bersifat alami d.
tergantung kepada profil kiyai di mata masyarakat
14.
tradisi
pon.pes, sejak zaman wali songo adalah semata-mata mengajarkan agama, tradisi
ini nampaknya diwarisi dan dilastarikan oleh….
a.
Pesantren
kilat b.
pesantren NU c.
pesantren besar d. pesantren salaf
15.
Keseragaman
keilmuan disetiap pon.pes, terlihat pada keseragaman….
a.
Kurikulum yang
disepakati c. judul
kitap yang diajarkan
b.
materi
pelajaran yang diajarkan d. kitap-kitap karangan para ulama’ aswaja.
16.
Hingga sekarang
ajaran aswaja mampu bertahan di masyarakat berkat jasa-jasa pon.pes, dalam
memelopori usaha-usaha berikut ini, kecuali
a.
Menerapkan
ajaran aswaja c. mengembangkan ajaran aswaja
b.
mempertahankan
ajaran aswaja d. memperdebatkan ajaran
aswaja
17.
Di
tengah-tengah kemampuan masyarakat islam Indonesia yang istiqamahdalam
mengamalkan ajaran aswaja, ternyata pada permulaan abad 19 M muncul pergerakan
pembaruan, mula-mula di..
a.
Yogyakarta b.
Surakarta c. menangkabau d. Banjarmasin
18.
Perang paderi
pada tahap awal merupakan perang saudara antar sesama islam sebagai akibat
dari…………………yang diterapkan oleh gerakan pembaruan
a.
Cara-cara
kekerasan b. debat terbuka c.
kampanye kasak kusuk d. propaganda simpatik
19.
Gerakan
pembaruan itu terusberkembang dengan semboyan “pemurnian ajaran islam dari
segala bentuk bid ah dan khurafat tetapi ternyata yang di ungkit-ungkit masalah
khilafiyah seperti di bawa ini, kecuali
a.
Ziarah
kubur b.
tahlilan c. taktik perlawanan terhadap
penjajah d. kirim do’s kepada orsng
ysng telsh meninggal
20.
Peristiwa
kemenangan Abdul Hamid bin sa’ud dalam menggulingkan raja makkah Syarif Husein
bukan saja membawa perubahan politik di jazirah arab, tapi juga member angin
segar bagi perkembangan faham..
a.
Sunni b. Ahmadiyah c.
syi’ah d. Wahabi
B.
Isilah titik di
bawah ini dengan jawaban yang tepat …!
1.
Kiyai merupakan
cikal bakal dan unsur paling pokok dari sebuah..….
2.
Keberadaan
kiyai dalam sebuah pon.pes adalah laksana jantung bagi………..
3.
NU dan pon.pes
bagaikan dua sisi mata uang yang…………
4.
Cara berdakwah
yang dilakukan oleh wali songo telah berasil mengubah……………………di Indonesia
5.
Pon.pes, adalah
lembaga pendidikan dan pusat dakwah islam yang sudah ada sejak…………
Komentar
Posting Komentar