GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PEMBINGBING

GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PEMBINGBING
Oleh :
MOHAMMAD ZAI, S.Pd.

Dalam Proses interaksi belajar mengajar guru ialah orang yang memerikan pelajaran dan siswa adalah orang yang menerima pelajaran. Dalam mentranfer pengetahuan pada siswa diperlukan pengetahuan atau kecakapan dan keterampilan sebagai guru. Tanpa ini semua ini tidak mungkin proses interaksi belajar-mengajar dapat berjalan secara kondusif. Disinilah kompetensi dalam arti kemampuan muklat di perlukan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. .Drs. H. Muhammad Ali (2008:5) Mengatakan , guru sepatutnya peka terhadap berbagai situasi yang dihadapi, sehingga menyesuaikan pola tingkah lakunya dalam mengajar dengan situasi yang di hadapi. Disamping itu, peningkatan mutu tenaga-tenaga pengajar untuk membina tenaga-tenaga guru yang professional adalah unsur yang penting bagi pembaharuan dunia pendidikan.
Dr. Oemar Hamlik ( 2009:33) mengatakan, Sering dipertanyakan mengapa bimbingan dan penyuluhan itu dirasakan perlu sekali, bahkan untuk perlu dilaksanakan di tiap-tiap sekolah. Perkembangan zaman modern yang pesat banyak menimbulkan perubahan dan kemajuan yang mencakup berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. Disamping itu, perubahan penduduk yang kian hari kian meningkat cukup berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan. Dalam situasi tertentu kadang-kadang terjadi konflik antara guru dan siswa sehingga situasi pertentangan itu sangat sulit bagi guru untuk menyelesaikannya. Untuk itu perlu adanya pihak lain yang dapat menyelesaikan komflik tersebut. Ada dua hal tugas guru, ialah :
1. Guru sebagai pengajar
Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh guru di sekolah ialah memberuikan pelayanan kepada para siswa agar mereka menjadi siswa atau anak didik yang selaras dengan tujuan sekolah itu. Mulai bidang pendidikan, guru mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik sosial, budaya maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan,guru merupaklan faktor utama yang bertugas sebagai pendidik. Guru memegang berbagai jenis peranan yang mau tidak mau harus dilaksanakannya sebagai seorang guru.
Yang dimaksud sebagai peran ialah pola tingkah laku tertentu yang merupakan cirri-ciri khas semua petugas dari pekerjaan atau jabatan tertentu. Guru harus bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui intraksi belajar –mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berasil tidaknya belajar mengajar, dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di samping mengusai materi yang akan diajarkan. Dengan kata lain Guru harus mampu menciptakan suatu situasi kondisi belajar yang sebaik-baiknya.

2. Guru sebagai pembimbing

Pembimbing adalah proses pemberian bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum terhadap sekolah, keluarga, serta masyarakat.Sehubungan dengan peranannya sebagai pembimbing, Seorang guru harus:
a. Mengumpulkan data tentang siswa.
b. Mengamati tingkah laku siswa dalam situasi sehari-hari.
c. Mengenal para siswa yang membutuhkan bantuan khusus.
d. Mengadakan pertemuan atau hubungan dengan orang tua siswa baik secara individu maupun secara kelompok, untuk memperoleh saling pengertian tentang pendidikan anak.
e. Bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa.
f. Membuat catatan pribadi siswa serta menyiapkannya dengan baik.
g. Menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individu.
h. Bekerja sama dengan petuga-petugas bimbingan lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa.
i. Menyusun program bimbingan sekolah bersa-sama dengan tugas bimbingan lainnya.
j. Meneliti kemajuan siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Berdasarkan uraian di atas, jelaslah bahwa peran guru, baik sebagai pengajar maupun secara pembimbing, pada hakekatnya saling bertalian satu dengan lainnya.Dengan kata lain, kedua peran tersebut dilaksanakan secara kesinambungan dan segalikus berinterpenetrasi dan merupakan keterpaduan. Kedua peran itu berbeda, tetapi menjadi satu.

















Daftar Pustaka


Syaiful Bahri Djamarah,,1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru ,
Surabaya:Usaha offset printing.
Ali, Muhammad, H,,2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar,
Bandung:Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik, 2009. Psikologi Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru Algensindo.























ARTIKEL
GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PEMBINGBING












Oleh :
MOHAMMAD ZAI
Guru MTs. Az-Zubair


Penerbit:
a. Majalah Al-umroh Pon-Pes Sumber Anyar Larangan Tokol
Tahun 2008
b. Internet 2010

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Uts bahasa VII

Soal B. daerah

SAMBUTAN KETUA YAYASAN ADIRASA JUMIANG PADA ACARA WISUDA RA.ADIRASA & MD. MUBALLIGHIN II